Berbagi Pengalaman dan Informasi

Selasa, 31 Agustus 2021

Tips & Trick # 1 (Menghitung Jumlah Kebutuhan Arus Pada Suatu Beban )

| Selasa, 31 Agustus 2021
    Oke, kali ini saya akan berbagi pengalaman yang tentunya masih berkaitan elektronika. Pernah suatu ketika saya diberi job merangkai led untuk menerangi halaman samping rumah yang gelap. Karena saat itu saya hanya punya power supply / switching 12V/3A,  maka saya akan membeli LED 3 mata dengan daya 3 watt.

LED 3 Mata 12V/3Watt

    Kenapa 3 watt? Karena semakin besar watt pada suatu lampu maka semakin terang pula cahayanya. Di pasaran harga untuk LED( 3 mata) 3 Watt sangat terjangkau sekali. Nah pada kasus ini pasti ada yang belum tahu cara menghitung jumlah LED yang saya perlukan agar LED terang secara maksimal?. 

Kadang dari kita semua mengabaikan perhitungan ini. asal pasang saja sehingga terang yang dihasilkan LED tidak maksimal.

Oke kita mulai saja, sebenarnya cukup simple teman-teman cukup menggunakan rumus dasar yaitu:

P = I * V

P   = Daya (Watt)
  = Arus (Ampere)
V   = Tegangan (Volt)

Seperti pada kasus saya tadi, saya punya switching 12V/5A. LED (3mata) 12V/3 watt. Langsung saja masukkan ke rumus 

P = I * V
3x = 5 * 12
x = 60/3
x = 20 Biji

Dari rumus di atas maka LED 3 mata (untuk ukuran 3 Watt) yang saya butuhkan untuk switching 12V/5A agar terang secara maksimal adalah 20 Biji. Jika kalian memakai lebih dari 20 biji dengan switching dan LED yang sama seperti saya gunakan. Saya jamin 100% pasti ada salah satu LED atau beberapa LED kalian tidak terang secara maksimal. 

Bisa juga contoh kasus seprti ini. Saya punya 5 LED 3 mata (12V/1.5 Watt) untuk menerangi Aquarium. Berapa Arus yang dibutuhkan agar LED saya terang secara maksimal menggunakan Power Supply / Switching 12V?
 
Langsung masukkan ke rumus seperti ini:

P = I * V
5(1.5) = I * 12
7.5 = 12I
I = 7.5/12
I = 0.625A

Jadi kebutuhan Arus dari Power Supply / Switching saya harus sekitar 0.625 A kalau tidak ada pakai yang 1A juga bisa

Gimana sangat EZ kan. Oh iya  Perhitungan ini berlaku juga ke beban-beban lain bukan hanya LED saja. Oke Mungkin sekian saja Tips & Trik dari saya, kalau ada yang tidak paham silahkan bertanya di kolom komentar. 

Semoga bermanfaat untuk kalian semua para pegiat Elektronika dan Listrik Terima Kasih😀

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar