Berbagi Pengalaman dan Informasi

Rabu, 30 Januari 2019

BELAJAR ARDUINO dengan mudah dan cepat (PART 2)

| Rabu, 30 Januari 2019

Di post sebelumnya kita sudah belajar tentang cara membuat LED berkedip, dan saat ini kita akan lebih memahami lebih dalam tentang fungsi-fungsi logika yang umum dipakai.

Perintah IF dan IF-ELSE
Perintah IF mempunyai beberapa kombinasi seperti IF, IF-ELSE, IF-ELSE iF-ELSE, dan seterusnya. Semakin kompleks tentu saja akan semakin lebih komplex😉
Kita mulai dari perintah IF saja
(tapi sebelumnya jika kalian mau mengganti theme Arduino menjadi lebih bagus silahkan ikuti tutorial di sini

Oke langsung saja kita simak sketch di bawah ini:
 


Apa sudah di coba seperti program di atas? Kalau belum berhasil coba terus sampai bisa 😀. Dan hasil dari program ini adalah jika kalian lihat LED awalnya berkedip pelan dan lama-lama kedipannya akan semakin cepat dan pada akhirnya akan berkedip pelan lagi.

Jika kalian  masih bingung ini adalah penjelasannya:
  • Ketika pada awal timeDelay adalah 1000 atau sama dengan 1 detik. Nilai tersebut akan diinisialisasi pada baris 10. Pada baris 10  timeDelay tidak dijadikan konstanta(const) sebagaimana pinLED karena nilai timeDelay akan diubah-ubah.  
  • Setelah masuk ke bagian utama aplikasi, pada baris 13 nilai timeDelay dikurangi 100.
  • Sehingga timeDelay pertama yang digunakan untuk menyalakan dan mematikan LED adalah 900. Pada perulangan selanjutnya timeDelay kembali dikurangi 100, sehingga perulangan ke dua menggunakan timeDelay 800(lebih singkat dari timeDelay yang awal), begitu juga seterusnya hingga timeDelay 100 
  • Pada saat nilai timeDelay 100, ketika dikurangi dengan 100 maka timeDelay bernilai 0, kondisi ini cocok dengan baris ke 15.
  • Jika(IF) timeDelay lebih kecil atau sama dengan 0, maka timeDelay akan diisi dengan 1000 lihat baris ke 16. Sehingga nilai dari timeDelay tidak akan pernah negatif dan hal ini dilakukan berulang-ulang. Hal ini lah yang membuat durasi nyala hidup-mati LED bisa berubah lebih cepat.
  • Beberapa operator matematika yang dibutuhkan dalam bahasa pemrograman yaitu: 
  •  
  • Perintah if sendiri pasti akan diikuti dengan kondisi yang bernilai True yang diapit dengan tanda kurung,  contoh pada baris 15, kondisi yang digunakan adalah timeDelay <=0, timeDelay lebih kecil atau sama dengan nol. Artinya, jika timeDelay bernilai 0 atau lebih kecil dari 0, maka blok kode dalam if akan dieksekusi (lihat baris 16). Contoh simplenya if(saya lapar){saya akan makan;}
  • Beberapa operator yang sering juga digunakan saat memprogram:  
Oke tadi itu cara kerja dari perintah IF dan beberapa operator yang bisa digunakan untuk memeriksa kondisi dalam IF. So easy kan ntar dilanjut ke PART 3 nya ditunggu aja😁

Related Posts

4 komentar:

  1. wah kebetulan sekali nih lagi iseng2 belajar arduino, untuk artikelnya simple dan mudah dipahami untuk masalah if dan else di tunggu kak untuk artikel part 3nya.

    BalasHapus
  2. paham-paham simple dan detail ternyata mudah skali belajar arduino, sudah ndak sabar nih nunggu part yang ke 3

    BalasHapus
  3. izin copas gan, mantap ditunggu part 3 nya

    BalasHapus